Jalan-jalan di Taman Lalu-Lintas Ade Irma Suryani
Thursday, 18 Februari 2016 13:26 WIB | Dibaca 460 Kali

Bandung memang terkenal dengan sebutan Kota Taman (1936). Wajar disebut demikian karena mengacu pada konsep yang diusungnya yakni kota taman (garden city), sebabnya Bandung memiliki banyak taman dan lahan terbuka. Konsep taman kota ala Bandung ini menarik dan modern karena mirip dengan konsep kota yang dianut banyak negara-negara di Eropa sana.  Nah, sayangnya dari sekian banyak lahan dan taman kota yang luas itu, kini hanya tersisa seadanya saja. Ia hilang atau beralih fungsi, terutama terjadi pada taman yang memiliki ukuran mini.

Taman Lalin Ade Irma Suryani
Dulunya, merupakan tanah kosong yang kemudian dijadikan sebagai Insulindepark. Ketika itu, masih berbentuk rawa, yang kemudian dikeringkan dan dijadikan sebagai lapangan untuk kegiatan militer (1915-1919). Lokasi itu juga dikelilingi dengan pepohonan. Pula bahwa lapangan itu dijadikan sebagai Taman Tropis yang ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan tropis.
Taman Tropis itu kemudian diberi nama Insulinedpark pada medio 1925. Taman ini sepuluh tahun kemudian diperkirakan mempunyai sampai 90 jenis tanaman keras dan bunga-bungaan. Nah, pada April 1950 nama taman ini kemudian diganti menjadi Taman Nusantara, dan diganti lagi menjadi Taman Lalu Lintas pada Maret 1958. Selain sebagai taman rekreasi, Taman Lalu Lintas juga merupakan sarana untuk pendidikan informal dalam menanamkan etika berlalu lintas khususnya bagi anak-anak di Bandung.
Seiring berjalannya waktu, nama taman ini pun kembali diganti menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani untuk mengenang pahlawan  cilik puteri dari pahlawan nasional Abdul Haris Nasution. Sebagaimana diketahui, Ade Irma harus gugur tertembak pada peristiwa Gerakan 30 SPKI ketika para pemberontak mencoba untuk menculik ayahnya yang terjadi pada tahun 1965.
Pembentukan Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL), yang dikelola kepolisian Jawa Barat pada tahun 1958, merupakan upaya penanggulangan masalah kenakalan remaja yang mulai terasa sejak awal tahun 1950-an. Taman Lalu Lintas dibangun sebagai wadah perehabilitasian para remaja berandal di Bandung.
Fasilitas:
– Sarana mainan
– Rambu-rambu lalu lintas
– Taman bunga
– Gedung serbaguna
– Panggung terbuka
– Mushola
– Fasilitas pendidikan

Alamat

Jl. Belitung No. 1, Bandung– 40113, Jawa Barat, Indonesia.

Sumber Link

 


comments powered by Disqus
Other About Bandung
Pisang Molen Bandung Punya
Friday, 19 Februari 2016 15:45 WIB

Pisang molen adalah semacam kue pastry yang diisi oleh pisang matang dan juga dilengkapi dengan...

Semurah Oleh-Oleh Bandung (Brownies)
Friday, 19 Februari 2016 15:39 WIB

Brownies, kue yang satu ini sudah cukup dikenal dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Rasa...

Cireng Pedas Ti Sunda Tea
Friday, 19 Februari 2016 15:38 WIB

Cireng super pedas terbuat dari Aci, tapioka, terigu yang diolah dan digoreng secara tradisional...