Manisnya Ongol-ongol dari Tepung Sagu
Friday, 19 Februari 2016 15:07 WIB | Dibaca 392 Kali

JAJANAN satu ini mungkin tergolong asing bagi sebagian orang. Maklum, jajanan ini termasuk ke dalam jajanan tradisional Indonesia, dan keberadaannya pun agak sulit ditemukan.

 

Adalah ongol-ongil nama jajanan tradisional tersebut. Ongon-ongol ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal karena terbuat dari tepung sagu. Sementara rasanya manis, karena adonan diberi gula jawa.

Ongol-ongol dimasak dengan cara dikukus. Adonan yang terdiri dari tepung sagu, gula jawa, daun pandan, sedikit garam, dan air itu dibuat kalis. Lalu diambil sedikit demi sedikit untuk dibentuk bulat, elips maupun persegi empat. Setelah itu, barulah proses pengukusan dimulai.

Saat disajikan, ongon-ongol ditaburi parutan kelapa. Paling pas dinikmati saat bersantai, bersama segelas teh atau kopi panas.

Mei-6 Juli 2013, ongol-ongol bisa ditemukan di Xquisite Resto The Luxton Hotel, Jalan IR H Djuanda (Dago) Bandung. Di hotel bintang empat itu, ongol-ongol disajikan bersama jajanan nusantara lainnya sebagai kudapan dalam menu ala buffet saat makan siang.

Sumber Link


comments powered by Disqus
Other About Bandung
Pisang Molen Bandung Punya
Friday, 19 Februari 2016 15:45 WIB

Pisang molen adalah semacam kue pastry yang diisi oleh pisang matang dan juga dilengkapi dengan...

Semurah Oleh-Oleh Bandung (Brownies)
Friday, 19 Februari 2016 15:39 WIB

Brownies, kue yang satu ini sudah cukup dikenal dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Rasa...

Cireng Pedas Ti Sunda Tea
Friday, 19 Februari 2016 15:38 WIB

Cireng super pedas terbuat dari Aci, tapioka, terigu yang diolah dan digoreng secara tradisional...